Kades Rumpin Respon Cepat Warga yang Sakit Menahun dan Tidak Punya Biaya Untuk Berobat

Spread the love

Pajajaranpost.id,-Bogor ,-Terkait pemberitaan di beberapa Media Online tentang salah satu warga yang sakit menahun, beralamat KTP Desa Kampung Sawah Kecamatan Rumpin namun bertempat tinggal di rumah orang tua nya beralamat di Kampung Karacak Janala RT 001 RW 003 Desa Rumpin Kec.Rumpin Kab. Bogor. Kepala Desa Rumpin bersama Babinsa dan Kepala Puskesmas setempat serta perwakilan Dinas Sosial langsung meninjau ke rumah orang tua Sandi Permana cepat tanggap dan memberikan pelayanan sementara serta langsung membawanya ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD Cibinong) Kab.Bogor. 

Kepala Desa Rumpin Robi Setiawan .SE mengatakan , “sebelumnya saya mohon maaf bukan berarti tidak ada kepedulian kepada warga sesama, bahkan sampai sakit menahun. Memang saya tidak mengetahui karena  secara administrasi kependudukan itu warga Desa Kampung Sawah. Tetapi karena memang saat ini tinggal di rumah orang tua nya di Kampung Karacak  Janala RT 01 RW 02 Desa Rumpin. Kami Pemerintahan Desa langsung meninjau ke rumahnya. Dan langsung di tangani pertama oleh tim Medis Puskesmas. Yang diakomodir dan langsung bisa di bawa pasien tersebut untuk mendapatkan perawatan tindakan Medis di Rumah Sakit, untuk penanganan yang lebih baik karena alat yang lengkap. Alhamdulilah terkait tunggakan BPJS pasien yang menunggak, Desa pun berpartisipasi dan  kontribusi beserta RT RW dan seluruh elemen masyarakat untuk membantu pasien tersebut” , ucapnya kepada awak Media di kantor Desa. Selasa, (24/1/2023).

Lebih lanjut Kades mengatakan , “mudah-mudahan pasien tersebut setelah di tangani dapat sehat kembali diangkat penyakitnya oleh Allah SWT. Diberikan kesembuhan, bisa beraktivitas kembali dan kumpul bersama keluarga. Dan saya menghimbau juga untuk aparatur Pemerintah di bawah, apabila ada warga masyarakat Desa Rumpin ketika hal seperti ini, ada yang sakit dan terbentur dengan biaya semuanya itu bisa di musyawarahkan mencari jalan solusinya. Langkah pertama harus lapor ke RT RW setempat, Kader setempat dan lapor ke Pemerintahan. Di pemerintahan pun ada PSM nya yang menangani hal seperti itu dan bisa di bantu. Untuk Kader, RT, RW, harus peka, sigap, terhadap kondisi keadaan di wilayah masing-masing. Agar semua masyarakat bisa terlayani dari segi apapun selama kita masih bisa membantu dan bisa menyikapi dengan baik” , tegasnya.

Baca Juga :  Selenggarakan Panen, Program Ketahananan Pangan Desa Pasir Madang Menuai Hasil

 

Camat Rumpin  Ade Zulfahmi menambahkan , “Alhamdulilah saya sangat berterimakasih kepada tim kesehatan Puskesmas, Kepala Desa Rumpin, perwakilan Dinsos, serta elemen masyarakat yang telah membantu dan menangani serta merespon dengan cepat salah satu warga masyarakat Rumpin yang mengalami sakit menahun sekarang sudah di tangani pihak Rumah Sakit. Semoga pasien lekas sembuh” ujar Camat di rumah dinasnya kepada awak Media. (BEBY)

About BEBY ARIFIN

5 W + 1 H

View all posts by BEBY ARIFIN →